Wednesday, August 1, 2012

KISI-KISI UN MAPEL Pendidikan Lingkungan Hidup 2012

hmmm...
nih ada sedikit summary Q ketikan akan menjalani tes UN 2012 tenang PLH
semoga bermanfaat...

· Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh : Gunung, sungai, danau, laut, lembah, pantai

· Lingkungan buatan adalah lingkungan yang secara sengaja diciptakan manusia untuk memenuhi tuntutan kebutuhan hidup, kegiatan tersebut sering juga dilakukan mengubah lingkungan sehingga mempengaruhi kelangsungan hidup sebagai suatu ekosistem.

Contoh : waduk, lahan pertanian, tambak, perkebunan, permukiman penduduk

· Lingkungan sosial adalah lingkungan antar manusia yang meliputi pola-pola hubungan sosial serta kaidah pendukungnya yang berlaku dalam suatu lingkungan spasial (ruang).

Contoh :

· Cara memelihara lingkungan alam :

- Menjaga kelestarian air

- Menjaga kelestarian udara

- Menjaga kesuburan tanah

· Cara memelihara lingkungan buatan :

- Memelihara tempat tinggal atau kantor

- Menjaga kebersihan lingkungan

- Pemeliharaan tambak

· Cara memelihara lingkungan sosial :

- Mengenal adat istiadat dan kebiasaan penduduk setempat di mana anak tinggal.

- Mengenal jenis-jenis mata pencaharian penduduk di sektiar tempat tinggal dan sekolah.

- Mengenal organisasi-organisasi sosial yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggal dan sekolah.

- Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk sekitar tempat tinggal dan sekolah.

- Mengenal kebudayaan termasuk kesenian yang ada di sekitar tempat tinggal dan sekolah.

- Mengenal struktur pemerntahan setempat seperti RT, RW, desa atau kelurahan dan kecamatan.

· Pembangunan Berkelanjutan

o Menurut Emil Salim : suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam, sumber daya manusia, dengan menyerasikan sumber alam dengan manusia dalam pembangunan.

o Menurut Sofyan Effendi : suatu proses pembangunan yang pengembangan teknologinya dan perubahan kelembagaannya dilakukan secara harmonis dan dengan amat memperhatikan potensi pada saat ini dan masa depan dalam pemenuhan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

o Adalah upaya sadar dan terencana yang memadukan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi ke dalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup, generasi masa kini dan generasi masa depan.

· Pencemaran Lingkungan hidup (environmental pollution) adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energy atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya (UU No. 23/1997 pasal 1 ayat 12)

· Contoh penyebab pencemaran Lingkungan

Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi diperairan seperti sungai, kali, danau, laut, air tanah dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi didarat baik di kota maupun di desa. Alam memilki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah, pasir, bebatuan dan mikro organisme yang ada didalam sekitar kita.

Jumlah pencemaran yang sangat masal dari pihak manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi keseperti semula. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi. Sampah dan zat seperti plastic, DDT, deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari makin bertambah parah.

Sebab Pencemaran Lingkungan di Air dan di Tanah :

1. Erosi dan curah hujan yang tinggi

2. Sampah buangan manusia dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk

3. Zat kimia dari lokasi rumah penduduk, pertanian, industri dan sebagainya

Salah satu penyebab pencemaran air yang paling terkenal adalah akibat penggunaan zat kimia pemberantas hama DDT. DDT digunakan oleh para petani untuk mengusir dan membunuh hama yang menyerang lahan pertanian. DDT tidak hanya berdampak pada hama namun juga binatang-binatang lain yang ada disekitarnya dan bahkan ditempat yang sangat jauh sekalipun akilbat proses aliran rantai makan dari satu hewan ke hewan lainnya yang mengakumulasi zat DDT. Dengan demikian seluruh hewan yang ada pada rantai makanan akan tercemar oleh DDT termasuk pada manusia. DDT yang masuk kedalam tubuh akan larut lemak, sehingga tubuh kita akan menjadi pusat polutan yang semakin hari akan terakumulasi hingga mengakibatkan efek yang lebih menakutkan. Akibat adanya biological magnification/ pembesaran biologis pada organisme yang disebabkan oleh penggunaan dari DDT.

1. Merusak jaringan tubuh makhluk hidup

2. Menimbulkan otot kejang, otot lehah dan juga bisa juga kelumpuhan

3. Menghambat proses pengapuran dinding telur pada hewan bertelur sehingga telurnya tidak dapat menetas

4. Lambat laun bisa menyebabkan penyakit kanker pada tubuh

· Ancaman Lingkungan alam

1. Banjir adalah peristiwa tergenangnya dan terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat.

Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat hujan besar, peluapan air sungai atau pecahnya bendungan sungai.

Tanah yang mempunyai daya serapan air buruk atau jumlah curah hujan melebihi kemampuan tanah untuk menyerap air, sehingga air banyak menggenangi permukaan tanah dalam volume besar dan mengalir sebagai bencana banjir.

2. Kekeringan (drought) adalah pengurangan persediaan air atau kelembaban yang bersifat sementara secara signifikan di bawah normal atau volume yang diharapkan untuk jangka waktu khusus.

3. Gunung Meletus merupakan salah satu ancaman lingkungan terhadap kehidupan karena berbagai material yang dikeluarkan oleh gunung dapat merusak tatanan kehidupan.

Contoh : abu letusan gunung api, gas vulkanik, lava, lahar dan awan panas

4. Gempa bumi disebabkan oleh adanya pelepasan energi regangan elastis batuan pada litosfir. Semakin besar energi yang dilepas semakin kuat gempa yang terjadi.

5. Badai adalah suatu gangguan pada atmosfer suatu planet, terutama yang mempengaruhi permukaan serta menunjukkan cuaca buruk.

6. Erosi adalah peristiwa pengikisan tanah oleh angin, air atau es.

7. Longsor merupakan potensi bencana geologis berupa pergerakan longsoran ke bawah berupa tanah, batuan, dan atau material yang terkena cuaca karena gravitasi.

· Limbah B3

Menurut PP 18 tahun 1999, Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan/atau beracun yang karena sifat dan/atau konsentrasinya dan/atau jumlahnya, baik secara langsung dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.

Dalam pengelolaan limbah B3, identifikasi dan karakteristik limbah B3 adalah hal yang penting dan mendasar. Prinsip pengelolaan limbah B3 adalah from cradle to grave, yaitu pencegahan pencemaran yang dilakukan dari sejak dihasilkannya limbah B3 sampai dengan ditimbun/dikubur. Fase-fase pengelolaan limbah tersebut meliputi : dihasilkan, dikemas digudang/penyimpanan ditransportasikan, didaur ulang, diolah dan ditimbun/dikubur. Pada setiap fase pengelolaan limbah tersebut ditetapkan upaya pencegahan pencemaran terhadap lingkungan dan yang menjadi penting adalah karakteristik limbah B3nya, hal ini karena setiap usaha pengelolaannya harus dilakukan sesuai dengan karakteristiknya.

· Pemanasan Global disebabkan karena terjadinya peningkatan suhu di bumi secara global atau mendunia. Bumi secara alami mempunyai kemampuan di dalam mempertahankan suhu permukaan bumi, disebabkan udara mengandung gas-gas yang mampu menyerap panas matahari.

Bumi bertindak sebagai rumah kaca alami (green house effect) sehingga mampu menahan panas yang diterima dari matahari, sebelum dilepaskan atau dipantulkan kembali ke ruang angkasa. Kemampuan bumi di dalam mempertahankan suhu permukaan sangat berguna bagi kehidupan di bumi karena dengan pengaturan tersebut terjadi keseimbangan panas bumi. Keseimbangan tersebut mengakibatkan suhu permukaan bumi pada siang hari tidak terlalu panas, dan pada malam hari udara tidak menjadi dingin. Perubahan udara yang ekstrim dapat menyebabkan makhluk di bumi tidak dapat bertahan hidup. Pengaturan panas bumi dilakukan oleh atmosfer karena di dalam lapisan udara terkandung gas-gas yang dapat menyerap sinar matahari antara lain gas CO2 (karbondioksida), NOx (nitrogen oksida), CH4 (metana), dan SO2 (sulfur dioksida). Dalam jumlah yang normal gas-gas tersebut dapat menyerap panas matahari dan memantulkan kembali ke ruang angkasa.

· Konflik Sosial adalah suatu kondisi di mana terjadi huru-hara / kerusuhan atau perang atau keadaan yang tidak aman di suatu daerah tertentu yang melibatkan lapisan masyarakat, golongan, suku, ataupun organisasi tertentu.

· Kebijakan Nasional merupakan kebijakan Negara yang bersifat fundamental dan strategis dalam pencapaian tujuan Nasional / Negara, sebagaimana tertera dalam Pembukaan UUD 1945.

· Prinsip dasar industri ramah lingkungan – Ramah lingkungan pada dasarnya adalah penerapan konsep ‘zero waste’, pada pelaksanaannya industri ramah lingkungan diharapkan dalam proses industri melakukan strategi mencegah, mengurangi dan menghilangkan terbentuknya limbah sebagai bahan pencemar lingkungan.

· Tujuan industri yang menerapkan strategi ramah lingkungan

1. Menciptakan produk yang sehat, aman dan berkualitas

2. Meminimalkan potensi kontaminasi bahan-bahan yang beracun atau berbahaya pada produk

3. Melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja

4. Meminimalkan terbentuknya limbah baik dalam jumlah dan toksisitasnya

· Manfaat penerapan strategi ramah lingkungan

1. Sebagai pedoman bagi perbaikan produk dan proses produksi

2. Efektif dan efisien dalam penggunaan sumber daya alam dan energi

3. Mengurangi atau mencegah terbentuknya bahan pencemar atau limbah

4. Mencegah berpindahnya pencemar dari satu media lingkungan ke media lingkungan lain

5. Mengurangi resiko terhadap kesehatan dan lingkungan

6. Mendorong pengembangan teknologi pengurangan limbah pada sumbernya, teknologi bersih dan produk akrab lingkungan

7. Menghindari biaya clean-up

8. Meningkatkan daya saing produk di pasar internasional melalui penggunaan teknologi baru dan / atau perbaikan teknologi

9. Kerjasama yang lebih erat antara pemerintah, agro-industri dam masyarakat

· Kearifan Lingkungan

Keyakinan tradisional mengandung sejumlah besar data empiris yang berhubungan dengan fenomena, proses dan sejarah perubahan lingkungan, sehingga membawa implikasi bahwa system pengetahuan tradisional dapat memberikan gambaran informasi yang berguna bagi perencanaan dan proses pembangunan. Dalam hal ini, keyakinan tradisional dipandang sebagai kearifan budaya lokal dan merupakan sumber informasi empiris dan pengetahuan penting yang dapat ditingkatkan untuk melengkapi dan memperkaya keseluruhan pemahaman ilmiah. Kearifan tersebut banyak berisikan gambaran tentang anggapan masyarakat yang bersangkutan tentang hal-hal yang berkaitan dengan struktur lingkungan, misalnya bagaimana lingkungan berfungsi, bagaimana reaksi alam terhadap tindakan manusia, serta hubungan-hubungan antara manusia dan lingkungan alamnya.

· Tanda – tanda akan suatu bencana

o Gempa Bumi

- Terdapat goyangan-goyangan halus terhadap bangunan

- Binatang dan burung-burung menunjukkan gejala yang tidak normal misalnya gelisah

- Air sumur keruh dan berbau tidak enak (prediksi tradisional)

- Pengetahuan tentang zona seismic dan daerah beresiko yang dipelajari lewat studi dampak historis dan lempeng tektonik

- Memonitor aktifitas seismic dengn menggunakan seismogram dan instrument lain

- Menggunakan observasi ilmiah dan memonitor tingkat seismic global (prediksi dengan peralatan dan metode ilmiah)

o Tanah Longsor

- Muncul retakan-retakan di lereng yang sejajar dengan arah tebing

- Muncul air secara tiba-tiba dari permukaan tanah di lokasi baru

- Air sumur di sekitar lereng menjadi keruh

- Tebing rapuh dan kerikil mulai berjatuhan

o Tsunami

- Diawali gempa bumi dengan 6 skala richter dibawah laut

- Permukaan laut turun secara tiba-tiba

- Hembusan angin berbau air laut yang keras

- Laut menjadi berwarna gelap atau mendengar suara gemuruh lebih keras


No comments:

Post a Comment