Thursday, September 26, 2013

PENGOPERASIAN WEB BROWSER

yukk, coba asah kemampuan melalui pertanyaan pertanyaan singkat ini tentang pengoperasian web browser
TANYA JAWAB TTG PENGOPERASIAN WEB BROWSER

1.  Apa manfaat internet?
a.  Selalu tersedia 
Internet adalah aways tersedia bagi Anda untuk digunakan, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun. Anda tidak harus menunggu untuk itu untuk membuka atau menunggu seseorang untuk membuatnya tersedia. Ini hanya di sana, ketika Anda membutuhkannya dan untuk apa pun yang Anda butuhkan.
b.  Berbagai informasi yang Luas
Pikirkan setiap istilah pencarian dan ketik ke mesin pencari. Kita dapat cukup banyak menjamin bahwa Anda akan menemukan situs web dengan informasi tentang istilah itu.
Tidak peduli apa yang Anda ingin tahu tentang, Anda akan menemukan sesuatu di Internet yang dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan.
c.   Mudah untuk menghubungi orang-orang
Internet menyediakan banyak cara untuk memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan orang di semua jam hari dan malam. Dari email, forum, chatroom, panggilan telepon dan video conferencing. Anda hampir dimanja oleh pilihan.
Kemampuan ini telah membantu banyak perusahaan tumbuh dari sebuah perusahaan lokal kecil ke organsiation, besar multi-nasional.
d.  Akses ke budaya lain
Internet memungkinkan Anda untuk melihat situs tentang atau ditulis oleh orang di negara lain. Anda dapat melihat foto-foto di mana mereka tinggal dan membaca tentang cara hidup mereka.
Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan yang unik ke dalam budaya mereka, sesuatu yang hanya wouldnt 'mungkin tanpa benar-benar mengunjungi mereka secara pribadi.
e.  Up to date
Salah satu keuntungan utama dari internet adalah bagaimana hal-hal yang cepat dapat diperbarui. Ketika istirahat berita, situs BBC dapat memiliki bahwa berita pada halaman dalam waktu beberapa menit. Mereka bisa terus menambahkan informasi lebih lanjut seperti itu menjadi tersedia.
Jika itu surat kabar, Anda harus menunggu hingga sehari untuk membaca tentang berita. Bahkan berita di televisi membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan dengan Anda dari Internet.



2.     Program aplikasi apa yang digunakan untuk mengakses internet?
a.  Operating System (Sistem Operasi)
Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Contoh : Windows 7, Windows 8, Linux, Machintosh
b.  Browser
Sebuah perangkat lunak yang manfaatnya adalah untuk menampilkan berbagai dokumen yang tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server.
Contoh : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome
c.   Chatting
Contoh : mIRC, Yahoo Messangers,
d.  Email
Sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Contoh : Gmail, Ymail.


3.    Sebutkan dan jelaskan fungsi masing-masing perangkat yang digunakan untuk koneksi internet. !
     A.   Perangakat Utama
a)  KOMPUTER
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
a. Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
b. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.
c. Harddisk digunakan untuk penyimpanan data magnetik. Harddisk minimal 10GB.
d. VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.

e. Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja komputer.

b)  MODEM
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
a. Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon.
b. Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.
c. ADSL atau 
Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.

c)  SALURAN TELEPON3.
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

B. Perangkat Pendukung
a)  HUB
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub dibedakan menjadi dua yaitu,active hub merupakan sebuah repeater elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor dan passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor.
b)  Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.
c)  Bridge

Bridge merupakan perangkat lunak yang menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.

d)  Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe berbeda.


4.    Apa yang dimaksud dengan HTTP, HTML, URL, WEB BROWSER, WEB CLIENT, GATEWAY, WEBSITE PROXY, PROTOCOL JARINGAN dan FIREWALL !
   a)    HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
   b)    HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
   c)    URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu , yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
   d)    Web Browser - Kita semua tentunya pernah melakukan browsing mencari-cari informasi atau barang kali hanya sekedar membuka facebook. Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin mengulas mengenai pengertian web browser yang akan disertai contoh aplikasi web browser yang saat ini populer.
Web Browser atau dalam bahasa indonesia peramban web merupakan software yang mempunyai fungsi menampilkan halaman sebuah website. Sedangkan pengertian web browser menurut
wikipedia "perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web" . 
   e)    Web client yaitu  suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.Aplikasi WEB  merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server. Komponen client dijalankan pada sebuah workstation. Pemakai workstation memasukkan data dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu, kemudian mengirimkannya ke komponen server, umumnya berupa permintaan layanan tertentu yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data tadi dan menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pemakai.
f  f)    Gateway Default gateway, juga disebut router, adalah dimana sebuah hostmengirim semua datagram remote-boundnya. gateway akan memiliki sebuah tabel semua kemungkinan rute kemana jaringan remote mungkin eksis dan akan mengantarnya sampai ke lokasi. gateway mengirim via path terpendek berdasarkan informasi di dalam routing table.
komputer windows NT 4.0 dapat memiliki banyak default gateway sebagai toleransikesalahan. bila salah satu gateway down, maka komputer anda dapat menggunakan gateway berikutnya sesuai daftar di dalam tabel. default gateway adalah parameter pilihan. ini hanya digunakan apabila anda memiliki lebih dari satu segmen jaringan.
    g)    website proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.
  h)   Protokol jaringan adalah aturan-aturan atau tatacara yang digunakan dalam melaksanakan pertukaran data dalam sebuah jaringan. Protokol mengurusi segala hal dalam komunikasi data, mulai dari kemungkinan perbedaan format data yang dipertukarkan hingga ke masalah koneksi listrik dalam jaringan. Dalam suatu jaringan komputer, terjadi sebuah proses komunikasi antar entiti atau perangkat yang berlainan sistemnya. Entiti atau perangkat ini adalah segala sesuatu yang mampu menerima dan mengirim. Untuk berkomunikasi mengirim dan menerima antara dua entiti dibutuhkan saling-pengertian di antara kedua belah pihak. Pengertian inilah yang dikatakan sebagai protokol. Jadi protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data.
    i)     Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.


No comments:

Post a Comment