Sunday, May 10, 2015

RELASI EKONOMI PEMBANGUNAN DAN POPULASI PENDUDUK

BAB I
                                              PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Permasalahan pertambahan penduduk telah menjadi prioritas kebijakan dalam pembangunan di Indonesia. Diawali dengan perhatian pada pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan yang dibarengi dengan pengaturan pertumbuhan jumlah penduduk. Pemahaman yang berbeda terhadap perubahan penduduk serta faktor-faktor yang terkait dengannya memiliki pengaruh yang berbeda juga kepada kebijakan pemerintah. Berdasarkan sejarah kependudukan, terdapat dua pandangan terhadap perubahan penduduk. Pandangan yang pertama menyatakan pembangunan mempunyai pengaruh terhadap perubahan penduduk, artinya penduduk berfungsi sebagai dependent variabel. Pandangan kedua menyatakan kondisi kependudukan akan mempengaruhi pembangunan yang dilaksanakan. Dalam hal ini penduduk menjadi independent variabel Pertumbuhan Penduduk dan Pembangunan Ekonomi. Memperhatikan hal tersebut, sudah selayaknya apabila pemahaman terhadap teori penduduk terutama yang dikaitkan dengan pembangunan menjadi sangat penting.
Berbagai teori yang diungkapkan terdahulu telah menjadi inspirasi dari berbagai pandangan mengenai kaitan antara pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi. Adam Smith berpendapat bahwa sesungguhnya ada hubungan yang harmonis dan alami antara pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi, dimana pertumbuhan penduduk tergantung pada pertumbuhan ekonomi. Lebih lanjut dikatakan bahwa jumlah penduduk dipengaruhi oleh permintaan terhadap tenaga kerja (demand for labor) dan permintaan tenaga kerja dipengaruhi oleh produktivitas lahan. Malthus merupakan orang pertama yang secara sistematis menggambarkan hubungan antara penyebab dan akibat-akibat pertumbuhan penduduk. Dalam model dasarnya, Malthus menggambarkan suatu konsep tentang pertambahan hasil yang semakin berkurang (dimishing returns). Malthus menyatakan bahwa umumnya penduduk suatu negara mempunyai kecenderungan untuk bertambah menurut suatu deret ukur yang akan berlipat ganda setiap 30-40 tahun, kecuali bila terjadi bahaya kelaparan. Pada saat yang sama, karena adanya ketentuan pertambahan hasil yang semakin berkurang dari suatu faktor produksi yang jumlahnya tetap (tanah dan sumber daya alam) maka persediaan pangan hanya akan meningkat menurut deret hitung.
1.2       Rumusan Masalah
a.       Bagaimana pengertian dari relasi atau hubungan, pembangunan ekonomi serta pertumbuhan penduduk?
b.      Teori apa saja yang berhubungan dengan kependudukan dan pembangunan?
c.       Bagaimana hubungan masalah kependudukan dengan pembangunan ekonomi?


1.3              Tujuan Penulisan

a.       Untuk mengetahui pengertian dari suatu relasi, pembangunan ekonomi serta pertumbuhan penduduk.
b.      Untuk mengetahui teori-teori yang berhubungan dengan kependudukan dan  pembangunan.
c.       Untuk mengetahui bagaimana hubungan masalah kependudukan




BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Relasi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi dari kata relasi adalah sebagai berikut :
            (1) hubungan; perhubungan; pertalian: banyak -- (dng orang lain);
(2) kenalan: banyak -- nya di kalangan atas;
(3) pelanggan: pelayanan kpada -- harus baik
Menurut kamus bahasa Indonesia relasi atau hubungan ialah suatu kesinambungan antara satu pihak dengan pihak lain. Hubungan terjadi di setiap proses kehidupan. Secara garis besar relasi atau hubungan terbagi menjadi relasi positif dan relasi negatif.
Relasi positif terjadi apabila kedua pihak yang memiliki kesinambungan mendapatkan keuntungan dan ditandai dengan adanya timbal balik yang serasi.
Relasi negatif terjadi apabila suatu pihak yang berkesinambungan mendapat keuntungan dan pihak lain merasa dirugikan. Dalam hal ini tidak ada keselarasan.

2.2       Pengertian Pembangunan Ekonomi

Sejak Adam Smith mengeluarkan bukunya “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations”, para ahli ekonomi melanjutkan penyelidikan mengenai perkembangan ekonimi suatu Negara. Pada awal abad ke – 20, timbul pertanyaan mengapa tingkat perkembangan ekonomi di banyak Negara tidak seperti yang diharapkan. Paham liberal telah dihadapkan dengan perkembangan paham sosialis yang pesat di Rusia. Selain keadaan tersebut, ada fakta lain di dunia antara lain :
a.       Adanya kenyataan bahwa Negara yang mengalami pertumbuhan di dalam pendapatan nasionalnya, tapi hanya sekedar mengimbangi pertambahan penduduk
b.      Adanya kesenjangan tingkat hidup antara Negara-negara yang satu dengan yang lain
c.       67 % dari penduduk dunia hanya menerima kurang dari 17 % pendapatan dunia
d.      Banyak Negara yang sudah sadar mengenai tingkat pendapatan yang rendah dan Negara-negara tersebut berkehendak untuk berkembang
Berhubung dengan keadaan tersebut diatas, maka pembangunan ekonomi dilakukan oleh semua Negara, baik oleh Negara yang sudah maju maupun yang belum maju. Negara – Negara yang relative maju disebut juga Negara berkembang, disamping terus mengusahakan dirinya untuk dapat berkembang, juga menaruh banyak perhatian terhadap perkembangan Negara-negara yang masih berkembang[1]
  Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.
Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth) pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.
Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik. Pada umumnya dapat dikatakan bahwa tingkat output pada suatu saat tertentu ditentukan oleh tersedianya atau digunakannya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, tingkat teknologi, keadaan pasar dan kerangka kehidupan ekonomi serta sikap output itu sendiri. Sebenarnya masih banyak factor-faktor lain yang berpengaruh terhadap penentuan tinggi rendahnya pendapatan nasional. Faktor-faktor tersebut  berhubungan satu sama lain dan hubungan ini tidak hanya terjadi pada suatu saat tapi juga suatu jangka waktu tertentu.[2]
Selanjutnya pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi.
a.       Pembangunan sebagai suatu proses
Pembangunan sebagai suatu proses, artinya bahwa pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani olehsetiap masyarakat atau bangsa. Sebagai contoh, manusia mulai lahir, tidak langsung menjadi dewasa, tetapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan. Demikian pula, setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera.
b.      Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita
Sebagai suatu usaha, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasiaktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat.
c.       Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang
Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus. Misalnya, suatu negara terjadi musibah bencana alam ataupunkekacauan politik, maka mengakibatkan perekonomian negara tersebut mengalami kemunduran. Namun, kondisi tersebut hanyalah bersifat sementara yang terpenting bagi negara tersebut kegiatan ekonominya secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun.
Dalam setiap hal, demikian pula dalam pembangunan atau perkembangan ekonomi, selalu terdapat kebaikan dan keburukan. Kerugian ini dapat dipandang sebagai biaya dari adanya pembangunan ekonomi tersebut. [3]
Kebaikan  dari pembangunan ekonomi antara lain:
a)      Menambah sarana bagi penyediaan kebutuhan masyarakat
b)      Mengurangi gep perbedaan antara Negara-negara maju dengan Negara-negara berkembang
c)      Mengurangi kemiskinan, kebodohan yang menghambat kesejahteraan masyarakat
d)     Dapat mengatasi laju perkembangan penduduk melalui keluarga berencana (KB) yang akhirnya dapat mengatasi sedikit masalah kesempatan kerja
e)      Meningkatkan kemakmuran dalam arti kekayaan yang dimiliki
f)       Memberikan kesempatan berpolitik dan berbudaya dan berkreasi sehingga dapat memberikan rasa senang pada masyarakat.
g)      Memungkinkan terjadi perubahan-perubahan menuju kearah yang lebih baik

Keburukan pembangunan ekonomi yaitu:
a)      Mendorong orang bersifat konsumtif / individualistis.
b)      Berkurangnya sifat gotong royong dalam masyarakat.
c)      Dapat merenggangkan hubungan kekeluargaan yang merupakan akar budaya.
d)     Adanya pencemaran lingkungan hidup


2.3       Pengertian Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan “per waktu unit” untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.
Pertumbuhan penduduk merupakan perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan penduduk (migrasi).
a.         Kematian
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran. Banyaknya kematian sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung kematian (pro mortalitas) dan faktor penghambat kematian (anti mortalitas).
a)      Faktor Pendukung Kematian (pro mortalitas)
Faktor ini mengakibatkan jumlah kematian semakin besar. Yang termasuk faktor ini adalah sarana kesehatan yang kurang memadai, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, terjadinya berbagai bencana alam, terjadinya peperangan, terjadinya kecelakaan lalu lintas dan industri, tindakan bunuh diri dan pembunuhan.
b)      Faktor Penghambat Kematian (anti mortalitas)
Faktor ini dapat mengakibatkan tingkat kematian rendah. Yang termasuk faktor ini adalah lingkungan hidup sehat, fasilitas kesehatan tersedia dengan lengkap, ajaran agama melarang bunuh diri dan membunuh orang lain, tingkat kesehatan masyarakat tinggi, semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk.
b.    Kelahiran ( Natalitas )
Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang menghambat kelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas) antara lain:
a)      Faktor-faktor penunjang kelahiran (pro natalitas) antara lain: 1. Kepercayaan dan agama
Faktor kepercayaan mempengaruhi orang dalam penerimaan KB.Ada agama atau kepercayaan tertentu yang tidak membolehkan penganutnya mengikuti KB. Dengan sedikitnya peserta KB berarti kelahiran lebih banyak dibanding bila peserta KB banyak.
2. Tingkat pendidikan
Semakin tinggi orang sekolah berarti terjadi penundaan pernikahan yang berarti pula penundaan kelahiran. Selain itu pendidikan mengakibatkan orang merencanakan jumlah anak secara rasional.
3. Kondisi perekonomian.
Penduduk yang perekonomiannya baik tidak memikirkan perencanaan jumlah anak karena merasa mampu mencukupi kebutuhannya. Jika suatu negara berlaku seperti itu maka penduduknya menjadi banyak.
4. Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah mempengaruhi apakah ada pembatasan kelahiran atau penambahan jumlah kelahiran. Selain itu kondisi pemerintah yang tidak stabil misalnya kondisi perang akan mengurangi angka kelahiran
5. Adat istiadat di masyarakat
Kebiasaan dan cara pandang masyarakat mempengaruhi jumlah penduduk. Misalnya nilai anak, ada yang menginginkan anak sebanyak-banyaknya, ada yang menilai anak laki-laki lebih tinggi dibanding perempuan atau sebaliknya, sehingga mengejar untuk mendapatkan anak laki-laki atau sebaliknya.
6. Kematian dan kesehatan
Kematian dan kesehatan berkaitan dengan jumlah kelahiran bayi. Kesehatan yang baik memungkinkan bayi lebih banyak yang hidup dan kematian bayi yang rendah akan menambah pula jumlah kelahiran.
7. Struktur Penduduk.
Penduduk yang sebagian besar terdiri dari usia subur, jumlah kelahiran lebih tinggi dibandingkan yang mayoritas usia non produktif (misalnya lebih banyak anak-anak dan orang-orang tua usia). Untuk menentukan jumlah kelahiran dalam satu wilayah digunakan angka kelahiran (Fertilitas).
Angka kelahiran yaitu angka yang menunjukkan rata-rata jumlah bayi yang lahir setiap 1000 penduduk dalam waktu satu tahun.

b)      Faktor-faktor penghambat kelahiran (anti natalitas) seperti adanya program keluarga berencana yang mengupayakan pembatasan jumlah anak, adanya ketentuan batas usia menikah, untuk wanita minimal berusia 16 tahun dan bagi laki-laki minimal berusia 19 tahun, anggapan anak menjadi beban keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, adanya pembatasan tunjangan anak untuk pegawai negeri yaitu tunjangan anak diberikan hanya sampai anak ke – 2, penundaaan kawin sampai selesai pendidikan akan memperoleh pekerjaan.

c.    Migrasi
Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.
Tingkat urbanisasi yang tinggi pada umumnya telah dihubungkan dengan daerah-daerah yang secara ekonomis telah maju dan bersifat industry. Urbanisasi ini mempunyai pengaruh dan akibat-akibat yang berbeda di Negara-negara yang sudah maju bila dibandingkan Negara yang masih berkembang. Di Negara maju, hanya sedikit penduduk yang bekerja di sector pertanian. Urbanisasi biasanya terjadi karena adanya tingkat upah yang lebih menarik di sector industry (di kota) dari tingkat upah di desa.[4]
Dua factor yang pertama sangat besar peranannya dalam mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk. Disamping itu, jumalh penduduk yang besar secara absolut akan bertambah lebih cepat daripada jumlah penduduk yang kecil, walaupun laju pertumbuhannya sama. Dapat diperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan bagi suatu jumlah penduduk untuk menjadi dua kali lipat (doubling time) apabila kita mengetahui tingginya laju pertumbuhan penduduk itu. Misalnya laju pertumbuhan penduduk 2% per tahun, maka waktu pelipatan dua (doubling time) adalah 70 : 2 atau 35 tahun.[5]

2.4       Teori Pendukung Hubungan Kependudukan dengan Pembangunan
Berdasarkan sejarah kependudukan, terdapat dua pandangan terhadap perubahan penduduk ini. Pandangan pertama menyatakan pembangunan mempunyai pengaruh terhadap perubahan penduduk, artinya penduduk berfungsi sebagai dependent variabel. Pandangan kedua menyatakan kondisi kependudukan akan mempengaruhi pembangunan yang dilaksanakan.
a.      Teori Klasik Adam Smith
Agar proses pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smit mudah dipahami, maka digolongkan menjadi 2 aspek utama, yaitu : pertumbuhan output total dan pertumbuhan penduduk.
Pertumbuhan output total
Sumberdaya alam yang tersedia merupakan wadah yang paling mendasar dari kegiatan produksi. Jumlah sumberdaya alam yang tersedia merupakan “batas maksimum” bagi pertumbuhan  perekonomian. Maksudnya, jika sumberdaya ini belum digunakan sepenuhnya, maka jumlah penduduk dan stok modal yang ada yang memegang peranan dalam pertumbuhan output. Tapi pertumbuhan output akan terhenti jika semua sumberdaya alam telah digunakan.
Jumlah penduduk merupakan peranan yang pasif dalam proses pertumbuhan output, maksudnya jumlah penduduk akan menyesuaikan diri dengan kebutuhan tenaga kerja dari suatu masyarakat.
Stok modal merupakan unsur yang secara aktif menentukan tingkat output. Jumlah dan tingkat pertumbuhan output tergantung pada laju pertumbuhan stok modal

Pertumbuhan penduduk
Menurut Adam Smith, untuk berlakunya perkembangan ekonomi diperlukan adanya spesialisasi atau pembagian kerja. Pembagian kerja didasari oleh akumulasi capital yang  berasal dari dana tabungan dan luas pasar. Luas pasar disni berfungsi untuk menampung hasil produksi sehingga dapat  menembus perdagangan internasional. Perrtumbuhan itu mulai maka ia akan bersifat kumulatif artinya bila ada pasar yang dan ada akumulasi kapital, pembagian kerja akan terjadi dan akan menaikan tingkat produktivitas tenaga kerja.
Menurut Smith, spesialisasi yang semakin besar membutuhkan pasar yang semakin luas dan dorongn untuk membua6t alat-alat baru makin bertambah. Dilain pihak naiknya produktifitas akan menyebabkan upah naik dan ada akumulasi kapital. Tetapi karena SDA terbatas adanya, maka keuntungan akan menurun karena berlakunya hukum penambahan hasil yang semakin berkurang. Pada tingkat inilah perkembangan mengalami kemacetan.
Menurut Adam Smith, jumlah penduduk akan meningkat jika jumlah upah yang berlaku lebih tinggi daripada yang bersifat subsisten yaitu tingkat upah yang pas-pasan untuk hidup. Jika tingkat di atas upah subsisten, maka orang-orang akan kawin di usia muda, kematian menurun dan jumlah kelahiran meningkat. Sebaliknya jika tingkat upah yang berlaku lebih rendah dari tingkat subsisten, maka jumlah penduduk akan menurun.
Tingkat upah yang berlaku ditentukan oleh tarik menarik kekuatan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Tingkat upah yang tinggi dan meningkat jika permintaan akan tenaga kerja tumbuh lebih cepat daripada penawaran tenaga kerja.
Sementara itu, permintaan akan tenaga kerja ditentukan oleh stok modal dan tingkat output pada masyarakat. Oleh karena itu, laju pertumbuhan permintaan tenaga kerja ditentukan oleh laju pertumbuhan stok modal dan laju pertumbuhan output.

b.        Teori Populasi Malthus
Teori jebakan populasi Malthus yaitu jumlah penduduk di suartu negara akan menigkat sangat cepat sesuai dengan deret ukur atau tingkat geometric. Sementara, karena adanya proses pertambahan hasil yang semakin berkurang dari suatu faktor produksi yang jumlahnya tetap, maka persediaan pangan hanya akan meningkat menurut deret hitung atau deret aritmatik. Karena pertumbuhan pengadaan pangan tidak dapat berpacu secara memadai dengan kecepatan pertambahan penduduk, maka pendapatan per kapita cenderung terus mengalami penurunan sampai sedemikian rendahnya sehingga segenap populasi harus bertahan pada kondisi sedikit di atas tingkat subsisten. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah rendahnya taraf hidup yang kronis tersebut adalah dengan “Penanaman kesadaran moral” di kalangan segenap penduduk dan kesediaan untuk membatasi jumlah kelahiran.
Jika pendapatan agregat dari suatu negara meningkat lebih cepat maka secara definitive pendapatan per kapita juga meningkat. Seandainya pertumbuhan penduduk lebih cepat dari pada peningkatan pendapatan total, maka dengan sendirinya pendapatan per kapita akan menurun. Bila makin banyak penduduk maka saving dan investasi juga makin tinggi sehingga pendapatan per kapita meningkat. Namun jika terlalu banyak saving, pendapatan per kapita bisa menurun.
Bangsa-bangsa miskin tidak bisa bangkit dari pendapatan subsisten tanpa pengendalian preventif (pengendalian kelahiran). Atau, pertambahan penduduk hanya bisa dihambat dengan pengendalian positif (kelaparan, penyakit, perang).
Para ahli ekonomi modern memberikan istilah bagi gagasan Malthus mengenai penduduk yang terpaksa hidup pada tingkat pendapatan subsisten ini dengan istilah “jebakan kependudukan dengan tingkat ekuilibrium yang rendah” (low level-equilibrium population trap) atau singkatnya “jebakan kependudukan Malthus” (Malthusian population trap).
Untuk dapat mempertinggi penghasilan per kapitanya Negara-negara berkembang, usaha yang Cuma kecil saja akan sia-sia belaka. Negara berkembang memerlukan kebijaksanaan agar dapat menghasilkan pendapatan per kapitanya. Ini berarti bahwa perekonomian harus menjalankan “dorongan yang besar (big push) dan meloncat dari titik t ke titik w.  Atau perekonomian harus memenuhi apa yang disebut “usaha minimum yang sangat perlu’ untuk memecahkan “low income level equilibrium trap” . Dalam hal ini rendahnya akumulasi capital disebabkan oleh adanya lingkaran setan (vicious circle)[6]
Berbagai teori yang diungkapkan terdahulu telah menjadi inspirasi dari berbagai pandangan mengenai kaitan antara pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi. Secara umum terdapat tiga kelompok yang memiliki pandangan yang berbeda, yaitu:
a)      Kaum Nasionalis.
Mereka beranggapan bahwa pertumbuhan penduduk akan menstimuli pembangunan ekonomi. Ide dasarnya adalah dengan penduduk yang banyak akan berakibat pada produktifitas yang tinggi dan kekuasaan yang tinggi pula.
Pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap pembangunan ekonomi dapat dibagi menjadi dua. Pertama, pertumbuhan penduduk dalam jangka pendek memang berpengaruh negatif. Kedua, dalam jangka panjang justru pertumbuhan penduduk mempunyai pengaruh yang positif terhadap pembangunan ekonomi. [7]
b)      Kelompok Marxist
Kelompok ini percaya bahwa tidak ada kaitan antara pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi. Mereka berpendapat bahwa semua masalah yang berhubungan dengan kurangnya pembangunan ekonomi, seperti kemiskinan, kelaparan, dan masalah sosial lainnya, bukan karena pertumbuhan penduduk, tetapi semata-mata sebagai hasil dari ketidakbenaran dari institusi sosial maupun ekonomi di daerah yang bersangkutan.
c)      Kelompok Neo-Malthusian.
Kelompok ini sejak awal menentang Marxist. Pada prinsipnya mereka mengikuti teori Malthus, dengan ide bahwa pertumbuhan penduduk apabila tidak dikontrol akan menghilangkan hasil-hasil yang diperoleh dari pembangunan ekonomi. Dengan kata lain, pertumbuhan penduduk yang tinggi akan mengakibatkan gagalnya pembangunan.


2.5       Hubungan  Masalah Kependudukan dengan Pembangunan Ekonomi
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth);  pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.
Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.
Beberapa alasan yang melandasi pemikiran bahwa kependudukan merupakan faktor yang sangat strategis dalam kerangka pembangunan nasional, antara lain adalah:
a.       Pertama kependudukan, dalam hal ini adalah penduduk merupakan pusat dari seluruh kebijaksanaan dan program pembangunan yang dilakukan.  Penduduk adalah subyek dan obyek pembangunan. Sebagai subyek pembangunan maka penduduk harus dibina dan dikembangkan sehingga mampu menjadi penggerak pembangunan. Sebaliknya, pembangunan juga harus dapat dinikmati oleh penduduk yang bersangkutan. Pembangunan baru dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk dalam arti yang luas.
b.      Kedua, keadaan dan kondisi kependudukan yang ada sangat mempengaruhi dinamika pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Jumlah penduduk yang besar jika diikuti dengan kualitas SDM penduduk yang memadai akan merupakan pendorong bagi pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya jumlah penduduk yang besar jika diikuti dengan tingkat kualitas SDM yang rendah, menjadikan penduduk tersebut sebagai beban bagi pembangunan. Jumlah penduduk sedikit namun berkualitas meskipun sumber alam terbatas pertumbuhan ekonomi dapat berkembang atau tumbuh dengan pesat,sebaliknya jumlah besar atau banyak kualitas sumber daya manusianya rendah, meskipun sumber daya alam yang kaya akan berdampak kepada kondisi ketahanan nasional.
c.       Ketiga, masalah kependudukan, selain menyangkut produk nasional riel dan produk per kapita riel, juga terjadi perubahan- perubahan institutional dan perubahan-perubahan struktural ekonomi masyarakat. Hal ini tercermin dari perubahan atau pergeseran peranan sumbangan sektor- sektor ekonomi dalam produk dan pendapatan nasional.























BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu Negara
Penduduk merupakan pusat dari seluruh kebijaksanaan dan   program pembangunan yang dilakukan.  Penduduk adalah subyek dan obyek pembangunan, keadaan dan kondisi kependudukan yang ada sangat mempengaruhi dinamika pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Masalah kependudukan, selain menyangkut produk nasional riel dan produk per kapita riel, juga terjadi perubahan- perubahan institutional dan perubahan-perubahan struktural ekonomi masyarakat.

3.2       Saran
Salah satu arah kebijakan pembangunan nasional mengamanatkan pentingannya meningkatkan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran dan   “Program Keluarga Berencana” salah satu dari lima program pokok bidang kependudukan dan KB. Program KB dilakukan dengan upaya-upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga.  Bahwa program kependudukan dan Keluarga Berencana sangat bermanfaat bagi pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.  Selain itu, pemecahan atas permasalahan-permasalahan diatas meliputi aspek- aspek perluasan pendidikan dan peningkatan keterampilan, pembinaan dan pengembangan kewiraswastaan yang memungkinkan tumbuhnya self creating jobs ataupun self employment, di samping peningkatan dan perluasan investasi yang lebih berorientasi kepada kegiatan- kegiatan yang padat karya dan transmigrasi.



[1] Menurut laporan Bank Dunia, Negara-negara didunia dikelompokkan menjadi 3 yaitu : Negara berpendapatan rendah dengan pendapatan per kapita per tahun < US $ 410, Negara berpendapatan sedang ( US $ 420 – US $ 4500) dan negara berpendapatan tinggi (>/US $ 4500). Dalam hal ini Negara yang berkembang adalah Negara yang pendapatanyya tergolong rendah dan menengah yaitu \ < US $ 4500. Lihat World Development Report, 1982, The world Bank, Oxford University, 1982.
[2] Todaro mendefinisikan pembangunan ekonomi sebagai suatu proses multidimensional yang mencakup perubahan struktur, sikap hidup dan kelembagaan, selain mencakup peningkatan pertumbuhan ekonomi, pengurangan ketidakmerataan distribusi pendapatan dan pemberantasan kemiskinan. Lihat Michael P. Todaro, Economics for a Developing World, Longman (1981), hal 96 -97
[3] W. Arthur Lewis, The Theory of Economics Growth, George Allens and Urwin Ltd, London, 1965, Appendix.
[4] Pola urbanisasi tersebut, tidak terjadi 100% bagi Negara-negara berkembang, karena banyak tenaga kerja yang pindah dari desa ke kota bukan karena mendapat pekerjaan di kota, tapi mereka pindah ke kota dahulu sambil mencari pekerjaan. Seringkali mereka menumpang di rumah temah atau saudaranya yang menyebabkan pengangguran di kota-kota.

[5] Lihat Michael P. Todaro, Economics for Developing World, Longman Group Ltd, London, 1977, hal 169
[6] Lingkaran setan dalam kasus ini adalah bahwa rendahnya akumulasi capital disebabkan oleh rendahnya jumlah dana ynag tersedia dari tabungan, dan rendahnya tingkat tabungan adalah karena rendahnya tingkat pendapatan di Negara berkembang

[7] Julian L. Simon, “The Economi of Population Growth”, Simon,1977

No comments:

Post a Comment