Thursday, July 26, 2012

EFEK NONTONN TIPPII

Siapa yang pada ngebeet banget suka nonton salah satu alat elektronik yang hampir ada di tiap rumah ini..? yupp.. coba, siapa yang gak punya tippii alias televisi, harrii ginii gitu..!? Eehh... bukan ngeliyatin tipinya, tapi acaranya, hehehee. Acara-acara tippi sekarang ne udah kayak jadwal rutin aja yang wajib diikutin, apalagi sinetron, telenovela, infotainment de el el, behhh... njamurr banget, kan..?

Buang-buang waktu amat. Ayo, coba hitung berapa lama kaliand menghabiskan waktu dalam sehari, seminggu, sebulan, bahkan setahun..? Bayangkan bila waktu yang lama itu dipakai untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misal mengasah hobi dan skill kaliyand di bidang masing-masing.

Menjauhkan Hubungan Keluarga

Nonton tippi seringkali dijadikan sebagai kegiatan bersama keluarga. Tapi, tahukah kamu kalau kegiatan tersebut malah menjauhkan hubungan keluarga, kenapa?? Yuup, itu karna masing-masing anggota keluarga menaruh perhatian pada tayangan televisi. Oleh karna itu, waktu nonton tippi sebaiknya digunakan buat ngobrol sama keluarga. Mengevaluasi kegiatan yang dilakuakan seharian penuh, saling sharing n memecahkan masalah. Sehingga kedekatan antara keluarga tetap terjaga.

Mengajarkan Hal Negatif

Nggak semua tayangan tipppi isinya hal-hal positip. Sering diliput tayangan yang menggambarkan kekerasan, narkoba, orang yang sedang merokok, de el el yang intinya merusak mental dan menimbulkan kebiasaan buruk. Tak sedikit, anak-anak meniru tayangan dari tippi, yang notabene tidak baik bagi kelangsungan pertumbuhan mereka. Kalau kaliyand terbiasa nonton tayangan-tayangan itu, bukan gak mungkin kaliyand menganggap bahwa perilaku tersebut benar dan boleh dilakukan. Iklan yang menjamur di tippi pun sering kali menggiurkan dan memancing kaliyand buat membeli barang yang belum tentu dibutuhkan. Kaliyand udah nemu jawabannya, berapa lama waktu buat nonton tippi sehari, seminggu, sebulan n setahun?? Dann... coba hitung berapa banyak energi listrik yang terpakai. Otomatis biaya yang harus dikeluarkan juga besar, kan. Heheee...

Mengurangi waktu nonton tippi dapat menghemat energi n biaya. Betulll betull betulll

Memicu Obesitas

Teman terbaik saat nonton tippi adalah si cemilan. Bayangkan bila kaliyand berada di depan tippi dalam jangka waktu yang lama, nggak melakukan aktivitas lain, dan santai menyergap camilan. Tubuh dibiarkan ngaak gerak, akibatnya obesitas jadi sasaran utama penyerang tubuh kaliyand. Berat badan berlebihan tentu saja membuat tubuh rentan terserang penyakit.

4 comments: