Saturday, July 7, 2012

RAHASIA HAL BERNAMA "INSOMNIA"

Kaliyand tau lagunya Craig David yang Insomnia entu..?? hahaa..

Tapi Thiwull bukan mau bahas itu lagu, tapi tentang insomnia entu sendiri. Tau kan insomnia..??

Kata kamus besar sih, penyakit susah tidur. Singkat banget ya, jawabnya.. J

Sering banget tuh, kita mengalami susah tidur. Sebenernya apa sih biang keladinya..?

Bisa sembuh, gak..?

Hmmm.... yawda, inilah jati diri singkat ttg Insomnia..

Tidur yang baik tidak ditentukan dari berapa jam kita tidur, tapi kualitas tidur itu sendiri. Pernyataan itu sudah merupakan hal yang tak tabu, tapi bagaimana dengan kualitas tidur yang tak menentu..?

Insomnia...

Insomnia sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan suatu gejala yang memiliki banyak sebab yang mengakibatkan susah tidur itu sendiri, seperti gangguan emosional, seperti depresi dan cemas yang berlebihan, penggunaan obat-obatan, serta gangguan yang nyata dalam pola tidur. Dalam studi kasus, insomnia yang parah bisa disebabkan karena gangguan tidur yang berhubungan dengan gastroesophageal reflux, ulkus peptikum, fibrositis sindrom, masalah punggung, dan masalah leher.

Orang yang menderita insomnia mengalami pola tidur yang berbalik, tidur saat bukan waktunya untuk tidur dan terbangun saat waktu untuk tertidur. Mereka sulit sekali untuk memulai tidur dan memejamkan mata dalam kurun waktu yang lama, biasanya mereka memikirkan hal-hal yang mengganggu psikologisnya sehingga otak terbebani dan tak lekas tidur. Ada juga yang tertidur secara normal, terbangun hanya beberapa jam, yang selanjutnya susah tidur kembali. Sehingga kita merasa lelah dan kantuk di siang hari.

Hmmm..

Capek juga kalo mesti menjalani insomnia, apalagi sendirian. Disini Thiwull bantu para readers yang menderita insomnia. Insya Allah dengan mengikuti step di bawah ini, dapat mengatasi permasalahan tidur kaliyand :

1. HINDARI..! untuk memakan makanan yang manis dan HENTIKAN merokok, minum alkohol dan kopi, apalagi obat-obat tidur, justru obat itu akan menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

2. TENTUKAN jam tidur untuk menjadi patokan supaya terbiasa dengan ketentuan yang sudah dibuat, sehingga semua akan berjalan sesuai aturan.

3. RUTIN berolahraga akan membantu tubuh menjadi lebih vit, sehingga tidur pun tak terganggu.

4. JANGAN dibiasakan tidur siang, karena waktu yang digunakan untuk tidur siang akan terkuras ketika tidur malam.

5. USAHAKAN membuat suasana dan keadaan tempat tidur nyaman, penerangan yang tak mencolok, dan tak terikat dengan tempat-tempat lainnya.

6. Ketika dalam berbaring masih belum bisa tidur, BANGUNLAH dan ambil beberapa bacaan, ditemani susu hangat, lalu cobalah tidur kembali dengan iringan musik lembut.

7. JAUHKAN alat-alat elektronik ketika menjelang tidur

8. COBALAH untuk menyegarkan pikiran dengan sejenak menghilangkan masalah-masalah yang mendera.

9. HUBUNGI dokter jika masalah susah tidur itu tak dapat teratasi lagi.

No comments:

Post a Comment