Saturday, July 21, 2012

GANJILNYA SHALAT WITIR

Shalat penutup ini hukumnya sunnah muakkad artinya sunnah yang amat dianjurkan. Shalat witir memang sering diremehkan dan dianggap serasa tidak perlu dilaksanakan karena waktu pelaksanaannya sesudah Isya hingga menjelang shibuh.. Tapi terdapat sebuah hadist berbunyi seperti berikut : `Aisyah ra berkata: “Dari semua waktu malam itu, Nabi saw pernah berwitir pada permulaannya, pernah juga pada pertengahannya ataupun pada penghabisannya, hingga akhirnya dilakukannya pada waktu sahar.” (Diriwayatkan oleh Jama`ah). Hadist tersebut menerangkan bahwa Rasulullah melakukan witir saat hampir subuh karena itu yang utama dan disaksikan malaikat.

Subhanallah...

Masi mau ninggalin shalat witir. Jikalau kita mengaku cinta pada Kalam Allah, maka berwitirlah karena Allah suka sesuatu yang ganjil.

Dari Ali r.a, mengatakan “Sesungguhnya shalat witir tidak harus dikerjakan dan tidak (pula) seperti shalat kamu yang wajib, namun Rasulullah melakukan shalat witir, lalu bersabda, “Wahai orang-orang yang cinta kepada Al-Qur’an, berwitirlah, karena sesungguhnya Allah itu ganjil yang menyenangi (shalat) yang ganjil.”

No comments:

Post a Comment