Monday, July 2, 2012

PERSAHABATAN “BUYAR” GARA-GARA SIKAPMU....

Sering nih, kaliyand punya temen bahkan sahabat yang di bilang akrab bangett, care, kemana-mana musti bareng, beli barang yang sama, en de el el. Tapi gak sedikit keakraban kaliyand malah numbuin konflik coz tingkah laku sahabat yang amat mengganggu, bikin jengkel n gak di sukai ama kaliyand. Nah... now, Thiwull mau kasi tau buat sahabat-sahabat, SIKAP YANG BISA “MENYANDUNG” PERSAHABATAN alias yang bisa ngebuat persahabatan kaliyand retak.

Lets check...

1. Nganggap barang-barangmu kayak barangnya sendiri. Ngambill apa aja tanpa bilang. Kayaknya semua barang-barangmu pernah dipinjam.

Bersahabat bukan berarti juga ikut memiliki kepunyaan sahabat. Ada privasi sahabat yang mesti kita hormati. Kalau kamu memang “perlu” banget, lebih baik terus terang kalau kamu mau pinjam. Tapi jangan terlalu sering.

2. Sering banget ngambeg, gak tau apa maunya. Eh, esoknya dicuekin. Usut punya usut, ada gosip nyebar katanya cocok yang disenengin katanya naksir gue.

Namanya juga jatuh cinta. Pasti tersinggung, deh kalau cocok yang kamu taksir ternyata suka sama sahabatmu. Kamu gak usa panik ngadepi situasi ini, cukup duduk bareng dan bilang kalau kamu gak naksir sama sekali sama itu cowok. Bilang, persahabatan lebih penting dari cinta.

3. Tega amat..! ternyata sahabat udah jadian sama cowokmu. Jengkel, sakit hati, campur aduk, keterlaluan!

Hal ini gak boleh terjadi. Bukannya kamu harus menjauh dari sahabat. Tapi kamu mesti tau kapan waktu bareng dan kapan gak bole jalan bareng. Bukan berarti gak bole juga bercanda sama cowok sahabat. Tapi kamu mesti tahu aturan main persahabatan. Tapi kalau udah timbul feeling, mending menjauh, deh.

4. Selalu nyontek apa yang kamu kerjain. Pergi kemana-mana ngikut, pake baju yang modelnya sama, lagi. Gak tahan banget kalo udah gitu.

Nggak enak banget lho, kalau ada temen yang suka ngikut-ikut, nyontek, n egois. Buat jengkel dan risi, gitu. Tapi sebagai temen yang baik, kamu mesti ingetin pada sahabatmu perilaku yang gak baik enthu. Tentunya dengan cara yang halus.

5. Ngaret banget. Janjinya itu, lho, molor melulu. Udah capek-capek nunggu, ehh... enak aja bilang LUPPPA. Kejadian enthu gak cuma sekali, n begonya mau aja aku disuruh nunggu.

Soal molor memang kebiasaan. Tapi jengkel juga kalo mesti molor melulu. Menunggu kan, amat membosankan. Nggak enak, kan kalau kau jalan tapi hati dongkol. Maka cobalah on time, dengan begitu sahabat akan respek terhadapmu. Ato sekali-kali tinggalin dia, ngitung-itung ngasih pelajaran biar gak molor melulu.

6. Nggak sopan banget kalo main ke rumah. Sampai-sampai malu sama nyokap. Habis, buka kulkas, ngambil makanan seenaknya. Kadang malah ngabisin semua.

Soal makanan memang gak etis kalau dibicarakan, apalagi melarang sahabat ngambil makanan. Makanya kalo ke rumah sahabat, mesti tau sopan santun n aturan yang berlaku di rumah sahabatmu. Di rumah itu banyak anggota, bisa jadi salah satu dari mereka gak suka dengan main selonongmu.

7. Suka banget ngegosip, kalo gak ngomongin cowok ya ngomongin temen. Kayak gak ada topik lain, bikin illfil, tauk.

Ngegosip bisa bikin suasana jadi hanhat, apalagi penggosip pandai bercerita. Cuma, kalo nggosipnya keterusan, malah membuat orang lain merasa dirugikan. Dengerin aja, apa ceritanya, kalau suda buat kuping panas, allihkan ke pembicaraan yang lebih berbobot. Misal ngomongin ekskul atau kegiatan sekolah lainnya

No comments:

Post a Comment