Tuesday, June 26, 2012

KEUTAMAAN HIDROGEN PEROKSIDA PADA MOBIL

Para readers, yang thiwull sayangi, kali ini thiwull iseng bahas soal cairan yang unik yang katanya sih, bisa buat mobil jadi keren, lho..

Ihhhh... ajaib banget sih..!! mau donk..!!

Hahahaa...

Ayoogg.. search KEUTAMAAN HIDROGEN PEROKSIDA bersama mbak thiwull....

Pertama-tama kaliyand musti tau dulu, tentang HIDROGEN PEROKSIDA ntu sendiri..

Mengenal Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida atau nama reaksi kimianya adalah H2O2 merupakan sebuah cairan kimia bening, tapi agak lebih kental daripada air, dan digolongkan sebagai oksidator kuat. Sifat oksidator ini dimanfaatkan manusia sebagai bahan pemutih (bleach), disinfektan, oksidator, dan juga merupakan bahan bakar roket.

Zat ini terjual bebas di pasar, pastinya dengan berbagai merk dagang dari perusahaan-perusahaan berbeda. Konsentrasi yang digunakan rendah, hanya 3-5% sebagai pemutih gigi dan pembersih luka. Penggunaan hidrogen peroksida dalam kosmetika dan makanan tidak dibenarkan karena zat ini mudah bereaksi (oksidan kuat) dan korosif.

Di Amerika pernah diadakan perlombaan mobil berbahan bakan zat H2O2 ini. Dekomposisi Hidrogen Peroksida menghasikan energi yang cukup besar yang bisa menggerakkan mobil. Terdapat reaksi yang terjadi ketika H2O2 bekerja untuk menggerakkan mobil, yaitu :

H2O2 –> H2O + O2 + Energi

Dalam proses reaksi tersebut, hidrogen peroksida dialirkan ke dalam ruang bakar, di mana di dalamnya terdapat saringan yang terbuat dari perak atau platina, yang berfungsi sebagai katalis. Pada saat terjadi kontak, H2O2 terdekomposisi dan menghasilkan energi yang cukup besar untuk menggerakan mobil. Semua reaksi itu terjadi di dalam mesin mobil itu sendiri.

Manfaat Hidrogen Peroksida

Bahan bakar Hidrogen peroksida sangat ramah lingkungan. Karena zat ini hanya menghasilkan air dan oksigen, tidak mengeluarkan karbondioksida (CO2), oksida nitrogen (NOx), oksida belerang atau timbal (Pb) yang sangat berbahaya dan mengancam lingkungan.

Maka itu, lingkungan akan bebas dari polusi, udara lebih bersih dan sehat serta terbebas dari pemanasan global, seperti sekarang ini.

Selain itu, penggunaan hidrogen peroksida atau H2O2 ini relatif terjangkau, dengan energi yang besar dapat memberikan banyak keuntungan bagi semua pihak. Tak heran bagi pecinta mobil, metode ini merupakan hal yang sangat menarik. Selain itu suara yang dihasilkan dari mobil akan lebih unik.

No comments:

Post a Comment