Saturday, June 16, 2012

KOTA PROBOLINGGO


Pada kesempatan kali ne, Q pengen ngupas sekilas tentang wajah kota tempat Q pertama kali tiba dunia. Tersebutlah KOTA PROBOLINGGO. Kota satu ini royal banget, padahal gak Q suruh buat se-gitu royalnya pada Q, bahkan ke-royalan_nya pun TIDAK Q bayar,lho.. kenapa..?? karena kota PROBOLINGGO ini telah setia tertulis dalam akta kelahiran Q, selamanya... hingga lumut di dunia pun habis, tetep aja dan sampai kapanpun.. hahahahahahah.... seplakk... :D

Langsung aja ya...

· Segores sejarah pemerintahan Kota Probolinggo

Dalam sejarah menyebutkan perjalanan Sri Hajam Wuruk ke daerah Lumajang dan Bondowoso pada tahun 1359, meskipun nama BANGER tidak disebut-sebut namun para ahli mengatakan bahwa Sang Prabu Hajam Wuruk melalui Probolinggo, buktinya dapat dikemukakan adanya nama Baremi (Bremi) yang terletak di Sukabumi dan Borang, yang sekarang jadi Wiroborang.

Pada tahun 1746 Ky. Djojolalono diangkat VOC menjadi Bupati pertama di Banger. Sayangnya pada tahun 1768, beliau dipecat, Ky. Djojolalono ditangkap dan ditawan, setelah wafat beliau di kebumikan di makam Sentosa yang kini terdapat di desa Mangunharjo-Probolinggo. Pemerintahan beliau digantikan oleh Raden Tumenggung Djojonagoro. Keadaan Kota Probolinggo semakin maju, makmur, meningkat, pertanian dan perniagaan pesat ditambah juimlah penduduk yang meningkat. Pada tahun 1805 beliau wafat dan dimakamkan di halaman belakang masjid Agung_Probolinggo.

· Kota Probolinggo Lahir dari Nama BANGER... ihhh.. bener taa? yuk kita tengok..!

Pada tahun 1770 nama “Banger” resmi diganti menjadi PROBOLINGGO. Tentang sebab penggantian nama tsb, belum jelas hingga kini. Namun riwayat Banger diambil dari sebuah nama sungai yang melintasi daerah itu. Sungai tersebut hingga sekarang masih bisa kita jumpai meski tinggal aliran kecil dan saluran pembuangan. Kata orang2 yang lahir sebelum Q lahir, sihh... pada 1990-an kali Banger merupakan tempat dimana perahu2 dari Madura dapat masuk kota. Daerah yang sekarang menjadi “Pasar Baru” (Jalan siaman-Jalan Pahlawan) yang menjadi pelabuhan perahu2 Madura , terkenal dengan nama “Tambak Pasir”.

· Keistimewaan Kota Probolinggo

Q ini yang asli jebbollan (Kota) Probolinggo menganggap (Kota) Probolinggo sampai saat ne masi ttep mengabdi pada kesetiaan leluhur yang telah menjayakan Kota Probolinggo. Bagi Q pribadi keistimewaan Kota Probolinggo tidaklah terasa, bahwa Kota ne terkenal sebagai Kota Anggur dan Mangga, hal ini dapat dibuktikan dengan pesatnya pengiriman2 ke luar kota. Buah Mangga yang suka tumbuh akan musim angin membuat Kota Probolinggo juga dijuluki sebagai kota Angin (angin Gending dari timur daya ke barat laut), hal ini disebabkan karena hampir setiap hari udara Kota Probolinggo mengalir dengan derasnya.



So... yang pengen tau Q, harus tau segelintirr riwayat (Kota) kelahiran Q ne, yaa...

Singkat ajaa…

Ntar kaliad pada ngantugg, lagii :D

Daaaaaaa…

No comments:

Post a Comment