Hehehehe...
agak sedikit berantakan, sih..! gak papa, yaa...
semoga bermanfaat... :D
· INTERAKSI SOSIAL
Syarat* :
1. Kontak, secara bersama2 menyentuh ,, dibagi menjadi 1. Lgsung (primer), jika pihak pertama langsung mnyampaikan pesan kepada pihak kedua tanpa prantara, misalnya: anak yg bersalaman
2. Tidak langsung (sekunder) antra 2 pihak melalui pihak ke 3 (alat bntu) misalnya: percakapan melalui telepon
2. Komunikasi, proses pnympaian psan / ide dri phak 1 k phak lain agr trjdi saling mmpngaruhi antra kduax. Trbagi mnj 3 : kmnsi langsung, tidak langsung, dan melalui perantara.
· MACAM-MACAM INTRAKSI SOSIAL
1. Interaksi Sosial antar individu terjadi karena adanya stimulasi / rangsangan. Contoh : salaman, bertegur sapa, berbicara
2. Interaksi Sosial antar individu dan klompok. Contoh: guru yg mengajar di kelas, komandan yg memimpin pasukan, artis yg berhadapan dg fans
3. Interaksi Sosial antar klompok : interaksi yg terjadi antara klompok yg trjdi 1 ksatuan dan menyangkut pribadi diri masing2 kelompok. Contoh : tawuran, pertandingan sepak bola, perseteruan antara Irak dan USA
· FAKTOR* INTERAKSI SOSIAL
1. Sugesti : pemberian pengaruh/pandangan dari pihak 1 ke pihak lain, biasanya dilakukan oleh orang2 yg berwibawa dan punya pengaruh besar di lingkungannya tergntung pada usia, kemampuan intelektual, keadaan fisik.
2. Empati : perasaan ketertarikan mendalam terhadap org lain / klmpok. Contoh: anak yg merasakan penderitaan ibunya
3. Identifikasi : kcndrungan dalam dari seorang / mnjd sama dgn org lain. Contoh : anak yg mengidolakan fansnya
4. Motivasi : dorongan, rangsanagn/ pengaruh yg diberikan oleh s’org individu kepada org lain sehingga orang yg di berikan motivasi tersebut melaksanakan apa yg di motivasikan
5. Simpati : proses dimana org merasa tertarik dg org lain.Contoh : orang yg merasakan sedih dan sakit karena temannya, dan org itu akan menangis dan berusaha menghibur
· FAKTOR* KEPRIBADIAN
1. Faktor Keturunan (Warisan Biologis ) : memberikan batas2 terhadap individu yg mempengaruhi perkembangan sosialnya.
2. Faktor Lingkungan Fisik (tempat tinggal ) : akan menentukan kepribadian masyrakatnya. Contoh : membedakan kepribadian masyarakat pantai dan pegunungan
3. Faktor Lingkungan sosial : di dalam lapisan2 masyarakat memiliki kepribadian masing2. Contoh : cara berpakaian dan mengisi waktu luang
4. Faktor Lingkungan Kebudaayan : kebudayaan masyarakat setempat akan di wariskan pada generasi berikutnya melalui sosialisasi, Contoh : jiwa dagang masyarakat Batak dan Minangkabau akan d wariskan pada generasi berikutnya
· MEDIA SOSIALISASI
1. Keluarga (kinship) : meliputi ayah ibu sawdara kandung dan sawdara angkat yg belum nikah dan tinggal bersama dalam 1 rumah. Dilakukan dengan melibatkan hubungan tidak sederajat (usia, pnglaman, dan peranan)
2. Teman Pergaulan : dengan cara mempelajari pola interaksi dengan orang2 yg sederajat dengan dirinya.
3. Lembaga pendidikan formal : seorang mempelajari membaca, menulis berhitung. Aspek2nya : kemandirian (independence), prestasi (achievement), dan kekhasan ( specifity).
4. Media massa : sangat berpngaruh pada kualitas dan frekuensi pesan yg disampaikan. Contoh : acara smack down di televisi yg menyebabkan pnyimpangan perilaku2 anak2, iklan2 produk meningkatkan pola konsumsi / gaya hidup msyrakat.
5. Agen2 lain : misalnya institusi agma , tetangga, organisasi rekreasional, masyarakat, dan lingkungan pekerjaan .
· KONTRAVENSI : berasal dari bahasa. Latin ( contra dan venire) bentuk proses sosial yg berada di antara persaingan dan pertentangan. Contoh : perasaan tidak senang, memandang orng lain sebagai pesaing. Tipe2x :
1. Kontravensi generasi dalam masyarakat
2. Kontravensi seksual : menyangkut hubungan. Swmi istri dalam keluarga
3. Kontravensi parlemen : berkaitan dengan golongan. Mayoritas dan minoritas dlm masyarakat menyangkut hubungan. Dalam legislatif, keagaaman, dan pendidikan.
· KOLONIALISME : koloni berasal dari kata colonia (bhs. Latin ) yg artinya tanah permukiman (jajahan). Koloni : pemukiman negara di luar ngaranya yg kemudian dinyatakan sebagai bagian wlayahnya. Kolonialisme : upaya pnguasaan atas suatu daerah oleh swtu negara u/ mmpeluas daerahnya dg cara paksa untuk mendapatkan keuntungan yg sebesar2nya bagi negara induk (motherland).
· MOTIVASI BANGSA BARAT KE NUSANTARA
1. Bertujuan mencari dan membeli rempah2 untuk dijual di Eropa. Di dorong semangat Gold (emas nkekayan ), Gospell(menyebarkan agama) , Glory (mencari kejayaan). Faktor2 yg melatarbelakanginya antara lain : 1. Faktor Politik, 2. Faktor. Ekonomi, 3. Faktor Ilmu Pengetahuan 4. Faktor Perkembangan Teknologi
· PERSATUAN DAGANG BELANDA
VOC : Vereenigde Oost Indische Company dibentuk tahun 1602. Didirikan dg tujuan mencegah pesaingan antra para pedagang Belanda dg pedagang Eropa.
HAK-HAK istimewa VOC (hak octrooi) HAK Untuk :
1. Memonopoli perdagangan
2. Mencetak mata uang sendiri
3. Sebagai wakil kerajaan Belanda di Indonesia
4. Mengadakan perjanjian dg raja2 di Indonesia
5. Mengadakan perang
6. Menjalankan kekuasaan kehakiman
7. Menarik pajak
8. Membentuk angktan perang sendiri
9. Membentuk pemerintahan sendiri
· KEBIJAKAN DEANDLES
1. Melaksanakan contingenten , yaitu pajak hasil bumi
2. Melaksanakan verplichte leverantien, aturan penjualan hasil bumi secara paksa kepada pemerintah kolonial dg harga yg telah ditetapkan
3. Khusus daerah Priangan wajib menanam kopi (prianger stelsel)
4. Menjual tanah2 negara pada pihak partikelir.
· KEBIJAKAN RAFFLES
Sbg gubernur Jendral Hindia Belanda. Inggris berkuasa tahun 1811-1816. Sistem ekonomi dikenal dg nama sistem pajak tanah / land rent,, tujuannya berusaha untuk menciptakan sistem ekonomi di Jawa yg bebas dari segala unsur paksaan. Raffles memegang 3 asas : sgala bentuk penyerahan wajib / pekerjaan rodi harus dihapuskan, petani diberi kebebasan penuh untuk menanam tanaman, bupati di angkat sebagai pegawai pemerintah dan peranan mereka sebagai pemungut pajak dihapuskan.
· FAKTOR INTERN PENDORONG PERGERAKAN NASIONAL
1. Timbulnya Golongan terpelajar
2. Adanya kesengsaraan akibat penjajahan
3. Adanya perlakuan diskriminatif dlm msyarakat
4. Adanya kesadaran untuk bersatu
5. Pengaruh politik balas budi (edukasi, irigasi, dan emigrasi )
6. Kesanggupan berorganisasi
· PELOPOR PERGERAKAN NASIONAL
Budi utomo didirikan tnggal 20 Mei 1908. Didirikan oleh Dr. Whidin Sudiro Husodo. Para Tokohnya Dr. Gunawan Mangunkusumo, Cipto Mangunkusumo, R.T. Ario Tirtokusumo. Brtujan untuk perbaikan pelajaran2 di sekolah, mendirikan badan wakaf, membuka sekolah pertanian, memajukan teknik dan industri, menghidupkan seni dan kebudayaan.
· ORGANISASI PERGERAKAN BERSIFAT KEAGAMAAN
1. Sarekat Dagang Islam didirikan H. Samanhudi pd tggal 11 Nov 1911 tujuan : memperkuat usaha dagang pribumi agar mampu bersaing dg pedagang Cina
2. Sarekat Islam didirikan HOS Cokroaminoto tgl 11 Nov 1912 tjuan : 1. Memperkuat rasa prsaudraan dan persatuan sesama anggota, 2. Menghilangkan paham2 yg keliru 3. Meningkatkan kecerdasan dan kehidupan rakyat 4. Memajukan usaha dagang golongan pribumi
3. Muhammadiyah didirikan KY. Ahmad Dahlan Yokyakarta 18 Nov 1912 tujuan : meninggkatkan mutu para pemeluk agama islam
4. Nahdlatul Ulama didirikan KH. Hasyim Asyari pd 1926. Tujuan untuk mendukung kemajuan sekolah2 islam tradisional, pemberdayaan kaum muslim dan usaha2 pmajuan ekonomi.
· ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL
1. Indische Partij tgl 25 Desember 1912, pndiri E.F.E Dauwes Dekker, Dr. Cipto Mangunkusumo, Suwardi Suryaningrat (TIGA SERANGKAI) . Tujuan mewujudkan Hindia (indonesia) merdeka.
2. Perhimpunan Indonesia
· FAKTOR2 YG MMPENGARUHI KEBUTUHAN
1. Kondisi Fisik : wanita lbh ska mmbelanjakan uang u/ mmbli kosmetik, laki2 u/ mmbeli alat olahrg. Selain itu usia jg mxbbkn mmbedakan kbutuhan
2. Kondisi Ekonomi : tergntung pnghasilan n pndpatan seseorang.. Yg brpnghsilan tnggi pasti berekreasi, mmbeli barang mewah, dll. Yg rendah jstru ckup u/ mmnuhi kbtuhan shari2.
3. Tingkat pndi2kan : kbtuhan org tergtung pndi2kanx, misal plajar SMP kbthannya beda dg pljr SMA
4. Agama, lngkungan, n kbudayaan : misal umat Islam mmbtuhkan kambing u/ Hri Rya Kurban, umat Kristen mmbtuhkan lampu hias u/ ntal
· PENGGOLONGAN KEBUTUHAN
1. Menurut Intensitas : a. Kebthn primer b. kbthan skunder c. kbthan tersier
2. Mnurut Sifat : a. Kbtuhan Jasmani(mandi, mkan, olahrga, mggosok gi2) b. Kbthan Rohani(brbdah, mnnton film, pndi2kan, musik, rekreasi)
3. MnurutWaktu : a. Kbthan skarang : sngat pnting n hrz dpnuhi skrg jg, ex, btuh obat saat sakit, mkan dll b. kbtuhan msa depan : dharapkan dapt dipenuhi d masa dpan, ex: menabung, asuransi, c. kbthan spjg wktu : mmrluakan wktu sgt lama n dkatan spjg wktu, ex : pendi2kan / ilmu
4. Mnurut subjek : a. Kbthan pribadi : kbtuhan s’org ptani brbda dg kbtuhan nlayan, kbthanadik beda dg ka2kx. b. kbtuhan Sosial / kolektif : kbthsn yg dprlukan olh klompok krn dgnkan u/ kpntgn brsama. Ex : kebtuhan akn ktertiban, keadilan n rsa aman (tnggungjwb pmrintah)
· BARANG N JASA SBG PEMUAS KEBUTUHAN
1. Mnrut cra mmprolehx : a. Barang ekonomi, u/ mndpatkanx btuh pngorbanan, px kgunaan n lgka b. brang bebas, trsdia bxk di alam, ex : udara, pasir, . Oksigen n air dpt mjd barang ekonomi jk sudda mmbyar di rmah skit n lgganan PDAM.
2. Mnrut Tjuan Pnggunaan : a. Barang knsumsi, barang yg dpt lgsg dpt dgnkan u/ kbthan mnsia, ex : barang2 kbthan rmh tngga b. barang produksi, dgnkan u/ mghsilkan barang knsumsi ex, kpas, karet, klapa, n bahan bkar(1 kali pkai), mesin, gdung,prltan pbrik(lbh dri 1 kali pkai)
3. Mnrut Proses Pmbuatanx : a. Barang mntah(bhan baku) : bhan dsar pmuas kbtuhan, ex, bhan tmbang, hsil hutan,pertanian, n prkbunan b. barang stgah jadi : hsil pngolahan bhan mntah blm mnjd produk akhr, ex, pemintalan benang c. brang jadi : barang yg siap knsumsi u/ mmnuhi kbthan, pkaian, tas, mobil.
4. Mnrut hubngx dg brang lain : a. Barang komplementer : barang pmuas kbutuhan yg akn brmanfat jk dgnkan brsma bnda lainx ex : bensin dg motor b. barang substitusi : barang pmuas kbtuhan yg pmakaianx dpt mggantikan bnda lain ex : pensil d gnti pena
5. Mnrut Fungsix : a. Barang barangerak : hrts bnda yg dpt dpindahkan n biasax dgnakan u/ jminan bg pngjuan kredit / pnjman jgka pndek, ex : motor jaminan di pgadaian b. barang tdk barangerak : jminan u/ mngajukan kredit jgka pnjang (lbh dr 1 thn)
· MASALAH POKOK EKONOMI KLASIK
1. Masalah Produksi : produksi akan efisien jk dilakukan dg spesialisasi, artix ada org tertentu u/ mlksanakan jnis pkerjaan tertntu.peluang mlksnakan spesialisasi trgntung pd sberapa uas psar yg dayani
2. Msalah Distribusi : cara yg dlkukan dgn proses pxampaian hsil produksi yg efisien adlh mlalui mekanisme psar
3. Msalah Konsumsi : misal mnawarrkan baju2 brbahan katun pd org Eskimo sgt tdk efisien.
· MASALAH POKOK EKONOMI MODERN
1. Appa (What) : penggunaan tanah u/ menanam padi adlh slah 1 jwban pertyaan “what”. Pertnyaan “what” d gnakan u/ pggunaan suatu sumber dya tertntu n app yg akn dhasilkan. Kputusan produksi tdk hya u/ mmnuhi kbtuhan konsumen, nmun jg mmberikan keuntungan mksimal bg plaku produksi.
2. Bgaimana (how) : u/ mnentukan bgaimna smberdya d sediakan, dialokasikan, dkombinasikan, agar mndpat hsil yg mksimal artix hasil yg yg diinginkan lbh bnyak drpda byya yg dkeluarkan. Ex : traktor dgunkan dlm prtnian cz dpt mngkatkan produktvitas
3. Untuk siapa (whom) : prtnyaan ini mmpngruhi jenis / krakteristik prduk yg akn dbuat dan bgaimnana saluran dstribusi yg akn dgnakan.
4. Siapa (who) : prtimbngan siapa yg akn mmproduksi barang mrpkan hal yg pntg, krn dg spesialisasi, byya pmbwtan brng n jasa yg dbtuhkan masyrkat akn efisien.
· PELAKU KEGIATAN EKONOMI
1. Rumah Tngga Produsen (RTP) : klompok msyrkat yg mlkkan kegtan prduksi, sring dsebut perusahaan. Kegiatan yg dlakukan adlh : a. Sbg pnghsil brang n jsa (produsen) b. sbg pngguna fktor produksi c. sbg pnggerak kegtan ekonomi.
2. Rumah Tangga Konsumen (RTK) : orang / orang ato klompok bhkan orgnisasi usha / ngara dpt dkategorikan sbg rmh tngga jka : a. Pnyedia fktor prduksi, mliputi SDM, tnga krja, modal usha, kwrausahaan b. Mndpat imblan brupa bunga, modal, upah/gaji, keuntngan c. brtindak sbg konsumen, yg krjax mghbiskan n ato mngurangi nlai barang n jasa.
3. Rumah tangga Negra (RTN) : brsha mngkatkan ksejteraan msyrkt, mgkatkan prtmbuhn ekonomi, mjga stabilitas eknomi, dll. Bentuk2 peran RTN : a. Mgatur keg. Ekonomi b. pmerintah sbg knsumen c. pmrntah sbg produsen
4. Masyarakat Luar Negri : brpran dlm myediakan smber dya produksi mwpun barang n jsa yg tdk dpt dsdiakan sndri olh ngara, sbg psar prduk2 ekspor impor jasa, aliran modal, dan prtukaran tnaga krja.
· POLA INTERAKSI PLAKU EKONOM
1. Dua sektor (prkonomian trtu2p), 2 plaku ekonomi produsen n knsumen thog.
2. Tiga sektor trdiri dri produsen, konsumen n pmerintah. Peran pmerintah : sbg produsen pmrintah mnghasilkan brang n jasa u/ mmenuhi kbutuhan publik, sdgkan u/ mnjlakan tgasnya n mlkkan keg prduksi pmrntah mmbtuhkan fktor2 produksi dri rmh tngga.
3. Perekonomian trbuka melibatkan masyrakat luar negri melalui kegiatan ekspor impor srta prtkaran fktor prduksi.
· PRINSIP N MOTIF EKONOMI
1. Prinsip : tndkan mnusia dg mngeluakan pngorbanan trtentu u/ mmeroleh hasil yg mksimal
2. Motif : doriongan u/ mlkkan kegiatan ekonomi
· FAKTOR PERMINTAAN N PENAWARAN
Permintaan : 1. Harga itu sndiri 2. Harga barang lain 3. Pendapatan konsumen 4. Selera 5. Jumlah pnduduk 6. Perkiraan mngenai keadaan masa depan
Penawaran : 1. Harga barang itu sndri 2. Byya prduksi 3. Teknologi 4. Keuntungan 5. Prakiraan masa depan 6. Tujuan trtentu 7. Pajak n subsidi 8. Jmlah prsahaan dlm industri 9. Kebutuhan uang 10. Cuaca n iklim
· DEFERENSIASI SOSIAL : pmbedaan anggota msyrkat k dalam glongan scr horizontal, mndatar, sja2r, ato tdk mmndang prbedaan lapisan. Bentuk2 nya :
1. Dferensiasi ras 2. Dfrensiasi sku bgsa 3. D. Klan 4. Pembeda agama 5. D.pkerjaan 6. D. Jenis klamin 7. D. Asal daerah
· STRATIFIKASI SOSIAL
Pembedaan/ pngelompokkan pndu2k / msyrkat ke dalam lapisan2 sosial scr brtngkat. Dasar2x :
1. Kekayaan : brkaitan dgn pndappatan. Makin besar pndapatan smakin besar ksempatan seorang u/ mmliki hrta n smakin besar peluang mnduduki strata atas
2. Kekuasaan : brkaitan dg kmampuan u/ mntukan khendakx thd org lain yg dikuasainya. Masyrkat yg puxa kkwsaan n we2nang terbsar akn mnmpati strata tinggi
3. Keturunan : dlm msyarakat feodal keluarga ktrunan rja stratax tnggi
4. Pendidikan : orng yg mghargai ilmu akn mndapatkan pnghargaan yg lbh bsar dibanding org yg tdk px ilmu n keahlian
· KONFLIK SOSIAL
Jenis2x : a. K. Individu b. K. Antar suku, ex: prbedaan bhasa daerah,adat istiadat, ksenian daerah, tata susunan n kekerabatan c. K. Rasial, ex : prbedaan tabiat, tgkah laku, etikaet prgaulan, cri2 fsik d. K. Politik, ex : merebutkan kursi kepresidenan e. K. Antar kelas sosial : pngusaha dg kryawan f. K. Klompok sosial: pertentangan politik Apharteid g. K. Antar generasi: sex education dmasukkan dlm rncana pngjaran skolah h. K. Intrnasional: K Inggris dg Argntina yg mrebutkan P. Maluinas
· CARA MENGENDALIKAN KONFLIK SOSIAL
1. Bkerjasama u/ mghindari konflik : bkerjasama u/ mnegakkan hukum n mghndari konflik srta mnjaga jgn smpai disintregasi bangsa. Upaya mwujudkan keamanan bgsa n mghindari konflik dpt dilakukan dg cra mmperkuatdaya tngkal bngsa n negara shg mmpu mniadakan stiap ancman dri dalam maupun luar negri dlm bntuk apapun. Upya tsb dlakukan scr preventif aktif, mncegah agar tdk trjadi pristiwa yg bsa mrusak keamanan serta mnjaga n mmelihara suasana aman.
2. Aturan yg berlaku di hormati : situasi jalan rya yg trtib, pngemudi mnjalankan kendaraanx dg kecepatan wajar, tidak ada pnemudi yg mmotong jalan seenakx, pra pngemudi brsedia antre, dll. Ktertiban masyarakat mrupakan slah 1 fktor pnting bg trwjudx khidupan yg dmokratis.
UNSUR2 KEBUDAYAAN UNIVERSAL :
1. Bahasa (lisan mwpun tulis), bhsa dgnkan sbg alat komunikasi olh msyarakat. Proses sling mmberi n mnerima dlm kerangka transmisi kbudayaan antargenerasi sllu mggunakan bhasa.
2. Sistem pengetahuan, stiap msyarakat tdk mgkin hdup tnpa pngetahuan. Pngetahuan alam, tmbuhan, binatang, pralatan hdup, mwpun tknologi modern untuk saat ini dgnakan u/ mmchkan msalah khdupan yg d hadapi.
3. Organisasi sosial, sstem kekerabatan, u/ klangsunagan hdup kekerabatan n organisasi sosial, dperlukan ktertiban sosial (tata cra, mkanisme u/ mngatur msyrakat ssuai dg kbudayaan yg dmiliki)
4. Sistem peralatan n tknologi, aspek2 tknologi yg mrip n dgunakan scr iuniversal di antarax alat2 krja, wdah mkanan, pkaian, prumahan, n alat transportasi.
5. Sstem mata pncaharian, sstem mta pncaharian yg paling tua adlah mngumpulkan mkanan yg ada d lngkunganx. Masa tsb mrpakan masa mkmur prtanian, krn dgn tdk brbuat apa2 kbtuhan biologix trpenuhi di smping itu jg mlkukan prburuan hewan2 u/ mmenuhi kbutuhan protein.
6. Sstem religi, sstem religi/kpercayaan brkaitan dg kyakinan akanadax pnguasa trtinggi dlm khidupan yg mngatur sgala ssuatux.
7. Kesenian, brhubungan dg nilai keindhan (estetika) yg brasal dri xpresi hasrat manusia akan keindhan skitarnya. Ksenian di Indonesia sngat barangam. Stiap sku bngsa mmiliki ksenian yg brbeda baik tarian2x, lagu daerah, sni ruipa , n alat musik.
No comments:
Post a Comment