Wednesday, June 27, 2012

“THE OTHER SIDE OF COFFE”

Heiiii... heeiii.. heeiii....

Post thiwull kali ini buat kaliyand yang ngebett banget sama yang namanya KOPI. Para penggemar KOPI, gak perlu khawatir lagi soal pengkonsumsian kopi yang konon sumber timbulnya penyakit. Kadar pengkonsumsian kopi yang gak berlebihan bisa berpengaruh baik buat tubuh kaliyand, lho..!

Hmmm...

Gak usa lama-lama dah.... inilah “THE OTHER SIDE OF COFFE” ..

Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah mendunia dan umumnya di sukai oleh kalangan pria. Dari seluk beluk sejarahnya, kata “kopi” yang diambil dari kata dalam bahasa arab “qahwah” yang memiliki arti “kekuatan”. Kata qahwah ini kemudian berubah dalam berbagai bahasa menjadi “kahveh” (Turki) – “koffie” (Belanda) – “kopi” (Indonesia).

Kopi, yang sering mengundang kontra, ternyata tersimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Diantaranya dapat digolongkan sebagai berikut :

1. Menurunkan resiko penyakit Parkinson

Kopi membantu menurunkan risiko penyakit Parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah dari Parkinson. Sebuah riset menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya melindungi penikmat kopi dari serangan penyakit Parkinson. Wawww... hebbat..!!

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Wanita menopause yang minum setidaknya 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hinga 50 persen. Para peneliti dari Huazhong University of Scince and Technology menemukan sedikitnya tiga kandungan senyawa alami terkandung dalam kopi, yaitu kafein, asam kafeik dan asam klorogenik. Tiga senyawa inilah yang berjasa menangkal perkembangan racun dari protein terkait risiko diabetes tipe 2. Wuiihh... ampuh banget..!!

3. Mencegah resiko depresi

Ada juga beberapa bukti bahwa kopi melindungi pria dari depresi. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dan mood meski dalam jangka pendek. Peneliti Harvard juga melihat penurunan serupa pada orang depresi yang mengonsumsi minuman ringan berkafein. Gak perlu pergi tamasya sering-sering, donk..!

4. Menghindarkan Serangan Kanker

Dari berbagai riset yang dilakukan secara konsisten oleh para peneliti. Hasilnya menunjukan bahwa kanker hati, kanker usus besar, hingga kanker payudara dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi. Bagusss... nih..,!!

5. Menurunkan resiko demensia

Orang yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi sehari 65 persen lebih rendah untuk mengembangkan demensia. Para peneliti percaya sifat antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. Minum kopi sudah dikenal menurunkan penyakit kronis yang meningkatkan risiko demensia. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif. Jadii tambah ngefans ama kopii..!

6. Menghindarkan diri dari serangan jantung dan stroke

Dibuktikan pada suatu studi yang melibatkan lebih dari 83000 wanita dengan usia 24 tahun lebih. Mereka minum 2-3 cangkir kopi/hari. Hasilnya menunjukan bahwa wanita-wanita tersebut memiliki resiko 19% lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsi kopi. Rahasianya bener-bener mantappp..!!

No comments:

Post a Comment