Wednesday, September 19, 2012

DID YOU KNOW tentang TATTO


Tattoo merupakan seni dekoratif pada tubuh dengan berbagai tujuan penggunaan, termasuk tujuan medis. Tattoo permanen dilakukan dengan cara memasukkan tinta ke dalam lapisan dermis kulit. Ada keuntungan dan kerugian dalam penggunaan tattoo permanen. 

Keuntungannya, taato tsb dapat digunakan sebagai alat identifikasi pada korban luka bakar atau tenggelam. Kerugiannya, terjadi reaksi alergi akibat tinta yg digunakan, infeksi herpes, hepatitis maupun HIV, ujar Dr Sitti Rizaliyana, Dokter spesialis bedah plastic RSUD dr Soetomo.

Kita melancong, yuuuk, gimana sih makna tattoo di beberapa suku tertentu. Simak yang berikut..



Suku Maori
Para penduduk suku asal New Zealand ini biasanya mentato badan di beberapa titik tubuhnya. Kalau laki-laki, biasanya mereka mentato bagian wajah, pantat, maupun kaki. Kaum hawanya mentato bagian dagu, hidung, dan leher. Tattoo tersebut kebanyakan berbentuk spiral dan artistic. Bahkan, tak jarang kaum pria suku Maori mentato hampir seluruh permukaan wajah mereka. Tattootersebut diberikan sejak mereka menginjak remaja dan diiringi upacra ritual. Asal, tau aja, bentuk tattoo suku Maori saat ini sering banget ijadikan pola tattoo permanen maupun temporer.




Suku Dayak
Setiap motif tattoo  yang terlukis di tubuh suku Dayak biasanya beernilai filosofis dan menunjukkan kasta mereka. Motif burung maupun naga menunjukkan bahwa orang tersebut berasal dari bangsawan, lalu motif bunga terung menunjukkan kesatria. Motif manusia, akar-akaran dan ajing biasanya dipakai untuk masyarakat. Mereka mempercayai bahwa tattoo tersebut akan bersinar ketika si empunya tattoo sudah meninggal.







Suku Mentawai
Suku Mentawai adalah suku yang berdiam di Sumatra Barat. Bagi penduduk asli suku itu,  tattoo rajah memiliki fungsi mistis  yang berperan untuk mempersatukan roh dan tubuh agar tidak berjauhan. Lazimnya, penduduk tersebut menggunakan tattoo saat memasuki akil baligh. Tattoo Suku Mentawai memiliki berbagai macam motif yang masing* mengandung unsure filosofis. Contohnya, tattoo bermotif labia tau sejenis rotan berujung daun yang menggambarkan cara pandang orang Mentawai. 

No comments:

Post a Comment