Friday, September 21, 2012

OLAHRAGA 15 MENIT, PANJANGKAN UMUR



Tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga. Berdasarkan hasil penelitian di Taiwan, gerak badan rutin akan meningkatkan harapan hidup. Menurut Jurnal The Lancet, olahraga selama sekitar 15 menit per hari akan menambah usia hingga 3 tahun.

Para periset dari National Health Research Institutes di Zhunan, Taiwan, menyatakan, harapan hidup bertambah jika durasi olahraga ditambah. “Tiap 15 menit pertama bisa mengurangi resiko kematian sampai 14%. Jika  ditambah 15 menit lagi, resikokematian akan berkurang hingga 19%, “ terang Chi-Pag Wen, ketua tim riset.

Namun, kata Wen, manfaat itu mentok pada durasi olahraga 100 menit per hari. Menurut dia, manfaat olahraga sama dengan manfaat berhenti merokok. Semakin tinggi intensitas olahraga, semakin besar manfaat yg diperoleh. Hal sama berlaku pada perokok. Semakin lama seorang meninggalkan rokok, semakin banyak manfaat yg diperoleh.

Karena itu, Wen kembali mengingatkan publik untuk menggiatkan berolahraga. Tidak perlu olahraga berat. Cukup  berjalan kaki atau berlari kecil sudah cukup. “Mereka yg tidak punya banyak waktu bisa melakukan  olahraga intensif pada akhir pekan. Tetapi, tidak perlu ngoyo alias beerlebihan. Sebab, olahraga yang berlebihan menyebabkan cedera dan bahkan penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment