Saturday, September 15, 2012

KETIKA MENGINGAT MATI



MATI, duh, kata yang satu itu bikin bulu kuduk mrinding, deh..  serrem bangeet, apalagi kalau sampe ada cerita yang di siksa di alam kubur. hmmm... jadi gak siap nih mau menghadapi mati. Tapi menurut referensi Thiwull, mati akan terjadi pada siapa saja kecuali Allah , Sang Pencipta langit dan bumi. ok kita bahas tentang kematian, yuuk....

Kematian adalah hal yang akan terjadi pada setiap makhluk yang mempunyai nyawa. Tak peduli makhluk itu taat, durhaka, cantik, jelek, mempunyai kedudukan, kaya, miskin, hina, maupun terhormat semua akan kembali pada Rabb-Nya.

Mati tidak perlu ditakuti, karena mati adalah perjalanan awal kita menuju hidup yang sebenarnya, yaitu di alam akhirat. Yang perlu di khawatirkan adalah jika mati, kita tidak membawa bekal yang bisa menunjang keselamatan dan kesejahteraan kita di akhirat.  Astaghfirlah… maka dari itu kita lebih dianjurkan untuk sering mengingat mati.


Berikut, beberapa anjuran  tentang mengingat MATI…



"Dari Anas ra, dia berkata, 'Rasulullah Saw bersabda, Janganlah kalian meminta mati dan jangan mengharapkannya. Siapa yg berdo'a (tentang kematian), hendaknya dia mengucap, Ya Allah, hidupkanlah aku sekiranya hidup itu lebih baik bagiku dan wafatkanlah aku sekiranya wafat itu lebih baik bagiku". (Sunan An Nasa'i As Sugra, 1822/jawami'ul kalim 1809)



"Dari Abu Hurairah ra, dia berkata, 'Rasulullah Saw bersabda, 'Perbanyaklah kalian mengingat Penghancur berbagai macam kelezatan (kematian)" (At Tarmidzi 2307/Jawami'ul kalim 2239)



"Dari Aisyah Ummul Mukminin
ra, dia berkata; Sungguh aku menyaksikan Rasulullah Saw menghadapi maut. Di sisinya ada baskom berisi air, beliau memasukkan tangannya ke baskom itu kemudian mengusapkan air itu ke wajah beliau. Kemudian beliau mengucapkan, Ya Allah, tolonglah aku pada sakaratul maut ini." (Mustadrak Ala Sahihain, 2;464/jawami'ul kalim 3659)


No comments:

Post a Comment