Wednesday, September 19, 2012

STRES KERJA BISA MENULAR, WHATS??



Semua paham bahwa batuk, pilek, dan penyakit kulit itu menular. Nah, kecenderungan psikis dalam sebuah komunitas, terutama lingkungan kerja, juga menular. Menurut Elaine Hatfield, dosen ilmu psikologi University of  Hawaii, atmosfer positif pada lingkungan kantor akan berdampak baik bagi para pekerja.  Sebaliknya, atmosfer negative akan membuat kinerja menurun.

“Manusia ternyata memiliki kemampuan menangkap ketegangan atau beban psikis yang dirasakan orang lain, “kata Hatfield. Parahnya, sebagai penangkap beban psikis (second-hand stress), seorang individu juga berpotensi menularkan ketegangan itu kepada pihak lain.

Berdasarkan penelitian di Inggris, Hatfield menyimpulkan bahwa manusia ibaratnya spons yang menyerap seluruh energy di lingkungannya. Baik energy baik atau buruk. Karena itu, sebaiknya seorang individu tak terlalu mengambil hati keluhan rekan kerja atau gossip yang beredar di sekitarnya. Dengan demikian, dia tetap bisa focus pada pekerjaan dan menghentikan penyebaran energy negatif.

Dibanding dengan laki-laki, kaum hawa lebih cepat menularkan energy negatif  yang dia serap dari lingkungan.

No comments:

Post a Comment